Thursday, April 24, 2008

Wawancara Terkini dari Nindy dan Sylvia

Mbak Sri : ” Semua itu takdir Allah ”

Pagi hari, kami, Nindy dan Sylvia sedang mencari seseorang untuk diwawancara sebagai syarat untuk memenuhi tugas Religiositas. Kebetulan mereka juga merasa haus saat seorang Ibu tukang jamu menawarkan dagangannya kepada mereka. Ia begitu tua, tapi senyum tak pernah lepas dari bibirnya. Senyum di bibirnya, membuat kami begitu penasaran. Hidupnya terlihat susah, namun ia tetap bergembira. Akhirnya, kami pun memutuskan untuk mewawancarainya.
Tukang Jamu : De, ayo beli jamunya!!
Nindy : Iya, boleh, mba, beli dua ya.
Tukang Jamu : Iya, yang biasa aja kan, De?
Via : Iya, yang biasa, Mba
Nindy : Mba, boleh wawancara sedikit ga ?
Tukang Jamu : Boleh, tapi nanti saya takut ga bisa jawabnya.
Via : Ga ko, Mba, cuma tentang seputar kehidupan Mba.
Nindy : Boleh tahu nama Mba siapa ?
Tukang Jamu : Nama Mba, Sri, panggil aja Mba Sri.
Via : Mba Sri, boleh tahu sejak kapan Mba menekuni profesi sebagai tukang jamu?
Tukang Jamu : Selepas SD sekitar tahun ’85, saya ga nerusin sekolah, dari Jawa Tengah, saya langsung ke Jakarta naik bus damri diajakin temen buat merantau.
Nindy : Kalau boleh tahu, di daerah Jawa Tengah mana Mba tinggal ?
Tukang Jamu : Desa Sampiran, de, deket sungai Bengawan Solo.
Via : Dulu waktu mau merantau ke Jakarta, ada pikiran ga bakal jadi tukang jamu ?
Tukang Jamu : Waktu diajakin temen, saya pikir mungkin bisa jadi pembantu di rumah-rumah, kan gajinya lumayan juga. Tapi, ternyata jadi pembantu itu susah, harus pinter cari temen yang bisa bantuin. Saya ga punya temen yang seperti itu, akhirnya saya dan temen saya ga bisa jadi pembantu.
Via : Oh, susah juga ya Mba. Mba, kalau boleh tahu, dulu tahun ’85, saat Mba pertama kali datang ke Jakarta, Mba tinggal dimana?
Nindy : Tahun ’85 itu umur Mba kira-kira berapa ya?
Tukang Jamu : Aduh, Neng, kalau nanya satu-satu, tahun ’85 itu umur saya 17 tahun, masih muda, yah seumuran kalian, terus saya tinggal di Jakarta bareng Bude. Ini diminum, De.
Nindy : Makasi ya, Mba ( sambil minum jamu ). Mba, balik ke profesi Mba sebagai tukang jamu, bagaimana caranya Mba bisa jadi tukang jamu, setelah gagal mencoba menjadi pembantu rumah tangga?
Tukang Jamu : Nah, sewaktu tinggal bareng Bude, Bude itu kerjanya sebagai tukang jamu, saya yang masih muda sering diajakin bude buat bantu-bantuin dia jadi tukang jamu gendong, saya juga bantuin bude buat ngeracik bahan-bahan untuk dijual jadi jamu.Setelah beberapa lama bantuin Bude, saya jadi berpikir gimana kalau saya jadi tukang jamu aja, saya toh bisa ngeracik bahan dan setelah itu saya bisa jualin.
Via : Berarti ga lama setelah Mba ada di Jakarta, Mba terus memutuskan jadi tukang jamu?
Tukang Jamu : Ya, iya, De. Kira-kira 2 bulan saya bantuin bude, saya lantas jadi juga tukang jamu bareng bude.
Nindy : Jadi, kira-kira, sudah 25 tahun Mba Sri di Jakarta menjadi tukang jamu, ya?
Tukang Jamu : Iya, Neng. Oh, iya, Neng, 2 bulan setelah saya di Jakarta, saya juga dapat suami, yah maklum orang kampung, jadinya saya kawin muda.
Via : Ohh? Berarti sekarang anak Mba udah pada besar-besar ya? Anak Mba ada berapa?
Tukang Jamu : Yang paling gede, perempuan, umurnya 22 tahun, yang kedua, perempuan, 18 tahun, yang paling kecil, laki-laki, umurnya 4 tahun. Alhamdulillah, Mba Sri punya cukup tenaga untuk nyekolahin semuanya, walaupun yang kecil belum sekolah.
Nindy : Jadi 2 anak Mba yang pertama itu sarjana ya Mba. Kalau boleh tahu sarjana apa ya Mba ?
Tukang Jamu : Yang paling gede itu dapat keringanan dari sekolah untuk kuliah di STAN, itu Sekolah Tinggi Agama Islam, yang kedua belom kuliah, sekarang lagi ujian, mau kelulusan, yah doain aja semoga bisa kuliah.
Via dan Nindy : Amin, Mba..
Via : Yang paling besar itu sudah selesai kuliah belom, Mba? Kalau sudah, berati sudah kerja?
Tukang Jamu :Yah, dia sudah selesai kuliah, lagi masukin lamaran-lamaran kerja ke sekolah-sekolah, soalnya dia bilang dia mau jadi guru agama sama kayak kakak laki-laki saya di Jawa Tengah.
Nindy : Mba Sri memangnya berapa bersaudara? Saudara-saudara Mba berprofesi sebagai apa?
Tukang Jamu : Saya 4 bersaudara, saya yang ketiga. Yang pertama, umurnya 47 tahun, laki-laki, dia itu tukang sayur. Yang kedua, umurnya 43 tahun, laki-laki, dia itu guru agama. Yang terakhir, umurnya 35 tahun, perempuan, dia itu jadi sales di mall di Jawa Tengah. Semuanya sudah berkeluarga dan tinggal di Jawa Tengah.
Via : Wah, jarak umurnya ga begitu jauh, ya, Mba. Kapan Mba Sri mengunjungi keluarga di Desa Sampiran ?
Tukang Jamu : Dulu, waktu saya masih tinggal sama Bude, kan saya 2 tahun tuh tinggal ma Bude, Bude sering ngajakin saya tiap 6 bulan sekali ke sana, nengok keluarga. Tapi, kalau sekarang, saya udah jarang kesana paling kalau lebaran aja. Yah, itupun ga tiap kali lebaran saya pulang, mahal, Neng, mana saya kan udah berkeluarga, kalau ngajakin semua anak dan suami saya, ongkosnya berat banget.
Nindy : Bukannya Mba Sri 2 bulan setelah di Jakarta bersuami ? Kok 2 tahun masih tinggal sama Bude ? Ga tinggal bareng suami aja ?
Via : Pekerjaan suami apa, Mba? Suami asli Jakarta ?
Tukang Jamu : Iya, tapi suami saya juga ga punya rumah, jadi sambil nunggu cari rumah yang bagus, Bude bilang tinggal aja sama dia. Jadi saya dan suami tinggal di rumah Bude selama 2 tahun. Udah 2 tahun, suami dapat rumah, saya pun pindah. Suami saya itu yang suka bantu-bantuin renovasi, kalau ga ada renovasi, ya nganggur, kayak sekarang ini, sekarang saya yang kerja terus, soalnya suami nganggur ga ada kerjaan. Suami saya asli Jakarta.
Via : Berat juga ya, hidup Mba, menurut Mba, kenapa Mba sudah kerja keras siang malam, tapi hidup Mba masih tetap seperti sekarang ini ?
Tukang Jamu : Kalau Neng tanya seperti itu saya juga ga tahu jawabannya apa. Mungkin karena takdir Allah bilang begini, jadi ya apa mau dikata. Kadang-kadang saya juga mikir, kenapa Allah ga adil sama saya, saya sudah capek, suami saya juga sudah capek, tapi kami sekeluarga masih harus bayar hutang sana-sini, bayar kontrakan rumah, belom lagi kasih makan anak, bayar uang sekolah. Tapi mungkin itu memang jalan hidup saya yang udah dikasih sama Gusti Allah, jadi saya rasa, sayanya yang kurang kerja keras, harus lebih digenjot lagi.
Nindy : Mba tegar sekali ya. Tapi, Alhamdulillah, anak-anak Mba Sri bisa sekolah.
Tukang Jamu : Iya, Neng. Saya ga mau anak-anak saya nantinya Cuma jadi tukang jamu kayak saya atau tukang renovasi kayak bapaknya, saya pengen mereka kerja kantoran atau jadi guru. Yah, pengen mereka sukseslah.
Via : Bagus banget cita-cita, Mba. Menurut Mba, Mba mau beralih pekerjaan ga, siapa tahu ada pekerjaan lain yang membuat Mba lebih sukses ?
Tukang Jamu : Kalau mau, saya sih mau, Neng. Masalahnya, bisa apa ga. Yang saya bisa mah ngeracik jamu terus jualin jamunya ke orang-orang. Jadi ga mungkin saya coba-coba yang lain. Saya ga bisa kalau yang lain.
Via : Oh. Boleh tanya seputar profesi Mba ? Mba dulu pernah jadi jamu gendong dulu ? Sebelum jadi jamu sepeda seperti sekarang ? Terus, dapat bahan-bahan jamu untuk diracik darimana ?
Tukang Jamu : Ya, saya memang sempat jadi jamu gendong selama 6 tahun sebelum jadi jamu sepeda seperti sekarang. Kalau bahan-bahan jamu racika saya dapat dari Pasar Rawamangun, disana ada temen saya yang nawarin harga murah, jadi saya ga terlalu berat untuk membelinya.
Nindy : Wahh, bagus juga itu, Mba. Jadi lebih menghemat biaya produksi. Suka duka menjadi tukang jamu apa Mba ? Mba sudah merasa asyik dengan profesi Mba sekarang ?
Tukang Jamu : Dukanya yah kalau lagi sepi pelanggan gini, Neng. Sukanya kalau banyak yang beli jamu saya. Iya, Neng, saya rasa saya sudah asyik dengan pekerjaan saya. Rasanya senang melestarikan budaya bangsa sebagai penjual jamu. Semoga jamu bisa terus berkembang di Jakarta.
Via : Semoga bisa berkembang di Indonesia juga, ya, Mba.
Tukang Jamu : Iya, Neng. Semoga meluas ke Indonesia.
Orang Lain : Mba, mau jamunya, dong.
Nindy : Oh, ya, makasih, Mba. Sudah dulu, ya Mba..
Via : Iya, makasih banyak ya, Mba. Makasih udah boleh wawancara.
Tukang Jamu : Oh, iya, Neng. Sama-sama. Jangan lupa Rp 4.000,00 buat 2 jamu tadi.
Nindy dan Via : Oh!! Maaf ya, Mba. Kita lupa. Sudah dulu ya, Mba. Makasih.
Tukang Jamu : Sama-sama, Neng. Makasih juga, ya.
Saat Mbak Sri kedatangan pelanggan, saat itu pula kami pamit kepada Mbak Sri. Sebelumnya kami tidak pernah tahu bahwa kehidupan orang lain jauh lebih rumit dari kehidupan kita yang hanya bisa meminta kepada orang tua, kemudian menangis saat keinginan kami tak dapat dipenuhi. Ternyata, hidup lebih dari itu.
Dhinintya Hyta Narissi Latief X6-9
Skolastika Sylvia X6-28

No comments: