Saturday, April 26, 2008

Refleksi Clarissa X6-11

MEREKA...


Apakah saya sudah cukup menghargai, mensyukuri, dan memperjuangkan hidup saya dengan sebaik-baiknya?

Dengan melihat Mereka, saya menjawab semua pertanyaan itu dengan sebuah kata TIDAK.

Mereka yang terlahir dengan keadaan yang berbeda, keadaan yang tidak menguntungkan, memiliki tujuan untuk hidup nya, memperoleh hidup seperti saya.
Saya yang terlahir dengan keadaan yang menguntungkan, belum dapat memutuskan apa tujuan hidup saya, tidak berfikir untuk masa depan, hanya untuk kesenangan sesaat sekarang.

Mereka rela untuk tidak sekolah demi mencari nafkah. Uang yang sedikit demi sedikit dikumpulkan untuk menghidupi keluarga di umur yang muda.
Saya yang bersekolah, tidak mempergunakan sekolah dengan sangat baik. saya malas-malasan, sering ngedumel tentang sekolah. Dan di umur yang muda ini, tidak sering saya lakukan untuk mengumpulkan uang. bahkan saya sering untuk menghamburkan uang yang bukan berasal dari saya sendiri.

Mereka yang selalu, selalu, selalu dan tidak pernah putus asa untuk menghadapi lika-liku hidup nya yang begitu berat.
Saya yang selalu, selalu, selalu, dan tidak pernah putus asa untuk mengeluh menghadapi semua lika-liku baik yang ringan ataupun berat.

Mereka yang masih dapat menggambarkan senyuman di tengah kerisauan mereka. Mereka yang dapat mensyukuri apa yang telah mereka dapat ini, mereka yang tidak 'manja' untuk hidupnya.
Saya yang tidak dapat menggambarkan senyuman di tengah kerisauan hidup saya, kurang dapat mensyukuri hidup ini, dan terlalu manja untuk menghadapi hidup.

Mereka dan Saya hidup di dunia yang sama, waktu yang sama, bentuk yang sama, tapi kehidupan yang berbeda.
tapi justru dari kehidupan yang berbeda itu, saya melihat berbagai tingkah laku, cara berpikir yang selama ini tidak pernah saya terpikirkan. MALU, ya saya malu...
saya yang lebih berpendidikan dibanding mereka, lebih mampu dibanding mereka, dan lebih apa-apa dibanding mereka. Tidak bisa melakukan sesuatu yang berharga untuk hidup saya, tidak mandiri, dan tidak dewasa.
Mereka, telah menyadarkan saya dari sesuatu kesalahan yang amat sangat bodoh.

ya...

hidup yang penuh perjuangan

hidup yang patut disyukuri

dan

hidup yang harus dihargai


No comments: