Friday, April 25, 2008

Ketegaran Hidup Seorang Tukang





Narasumber : N (Pak Bejo)
Penanya : P (Amanda dan Vivi)

P : Selamat pagi Pak, boleh kami ganggu sebentar?
N : Ya, silahkan.


P : Siapa nama Bapak?
N : Nama saya Bejo. Keren bukan? He he he.

P : He he he iya deh Pak! Ngomong-ngomong bagaimana riwayat sekolah Bapak?
N : Wah dulu sih saya tamatan SR. Kamu tahu ga apa tuh SR?

P : Hah? SR? Apa itu?
N : Kalau zaman dulu SD disebutnya SR, alias Sekolah Rakyat. Zaman dulu sekolah, ga ada tuh yang namanya sekolah pakai sepatu. Kebanyakan kita sekolah telanjang kaki lho.

P : Berapa kira-kira hasil kerja Bapak per hari?
N : Wah, tergantung saya dapat orderan kerja atau tidak, tetapi biasanya saya mendapat gaji Rp 60.000,- per hari. Itu juga belum tentu saya dapat orderan kerja tiap hari. Kalau tidak ya jumlah itu harus saya cukup-cukupin buat keluarga.

P : Lalu kalau kekurangan biaya bagaimana cara Bapak mengatasinya?
N : Ya saya juga dibantu sama istri saya, dia usaha buka warung kecil. Yang penting anak saya ga kekurangan ongkos buat sekolah. Kalau anak saya bisa dapat yang terbaik, uang ga jadi masalah buat saya.

P : Memang anak Bapak ada berapa orang?
N :Ada 3, yang satu masih sekolah di SMA 1 Banjarnegara, biarpun begitu ia pintar dan anaknya penurut. Kadang-kadang ia nge-band menjadi vokalis di sekolahnya.

P : Lalu, kenapa Bapak mau jadi tukang?
N : Sebenarnya dulu saya mau jadi dokter atau pejuang yang bawa senjata itu lho. Tetapi karena saya kurang sekolah, saya tidak bisa jadi dokter. Mau jadi pejuang dilarang sama keluarga, soalnya takut mati. Padahal saya berani loh. Saya pernah berlatih 3 bulan untuk melawan Timor Timur, tetapi karena saya anak laki-laki pertama, saya ga boleh jadi pejuang.

P : Hobi Bapak sendiri apa?
N : Bekerja keras, dan bertanggung jawab. Saya pantang bohong, jadi kalo bekerja harus sejujur-jujurnya!

P : Apakah Bapak masih sempat menabung?
N : Saya tidak mau menabung, karena saya takut kalau saya menabung saya jadi berpikir untuk memanfaatkan uang tersebut untuk hal-hal yang tidak baik. Tapi istri saya dan anak-anak saya masih sempat nabung, walau saya nggak tahu berapa jumlahnya.

P : Apa yang menjadi prinsip hidup Bapak?
N : Saya pegang prinsip kalau dari awal saya pergi ga bawa apa-apa, pulangnya jangan bawa apa-apa, jadi pergi kosong pulang kosong.

P : Apa harapan Bapak buat ke depan?
N : Yah saya mah tinggal menunggu panggilan Tuhan, semoga dimudahkan rezekinya. Saya ingin melihat anak saya besar dengan jalan yang baik. Kalau masalah kedudukan mah saya yakin itu sudah digariskan oleh Yang Maha Kuasa. Saya mau menjadi manusia yang berusaha, yang tentu saja diimbangi oleh kemampuan.

P : Wah, Bapak mulia sekali ya. Oia Pak, kalau kita foto sebentar boleh ya Pak?
N : Waduh, saya jelek begini ngga apa-apa difoto? Saya malu nih.

P : Ya ngga apa-apa Pak, begitu juga uda ganteng kok Pak. He he he.
N : Ya kalau begitu silahkan deh. He he he.

(difoto)
P : Kalau begitu maaf ya Pak sudah mengganggu, Bapak bisa melanjutkan lagi kerjaan Bapak. Terima kasih ya Pak. Selamat siang Pak. Nanti hasilnya bakal tampil di RCTI loh ha ha ha!
N : Wah asik! Oh iya sama-sama. Selamat siang. He he he.


_Amanda ( 1 ) dan Vivi ( 27 )_

No comments: